AgendaBerita

PPOTODA Universitas Brawijaya Gelar Kegiatan Donor Darah Dalam Rangka HUT PPOTODA Ke-25

Senin, 25 September 2023, Pusat Pengembangan Otonomi Daerah (PP OTODA) Fakultas Hukum Universitas Brawijaya melakukan kegiatan donor darah bekerja sama dengan PMI Kota Malang yang dilaksanakan di Gedung C Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Kegiatan donor darah merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyemarakkan HUT PP OTODA ke-25, di samping kegiatan dialog publik Rembug Warga dengan tema Ayo Noto Malang yang dilaksanakan di waktu yang sama.

Kegiatan donor darah ini mendapatkan antusiasme dari banyak orang, terkhusus mahasiswa Universitas Brawijaya. Terhitung sebanyak 74 peserta yang melaksanakan registrasi, dan mendapatkan sebanyak 36 kantong darah. Sebelum melaksanakan donor darah, para partisipan yang ingin mendonorkan darahnya melakukan registrasi terlebih dahulu sambil mengisi form riwayat kesehatan yang telah disediakan. Kemudian, petugas donor darah melakukan pemeriksaan tensi darah serta golongan darah peserta.

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pendonor, di antaranya adalah sehat jasmani, usia pendonor antara 17 sampai dengan 60 tahun, istirahat cukup selama 4 sampai 5 jam, berat badan lebih dari 45 kg untuk pengambilan darah 350 ml dan berat badan lebih dari 55 kg untuk pengambilan darah 450 ml, kadar hemoglobin 12,5 g/dl – 17,0 g/dl, 3 hari terakhir tidak sedang mengonsumsi obat, bukan pecandu alkohol/narkoba, tidak menerima transfusi darah 6 bulan terakhir, tidak mendapatkan vaksin 2 sampai 4 minggu terakhir, jarak donor darah sebelumnya 60 hari.

Kegiatan donor darah ini berjalan lancar dan dilaksanakan selama 4 jam, dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Pelaksanaan kegiatan donor darah dalam HUT PPOTODA ke-25 ini merupakan bentuk kepedulian sosial dan kemanusiaan dari PPOTODA untuk masyarakat sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya berbagi dan membantu antar sesama.

Back to top button