Sekolah Riset Pengembangan Hari-1: Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan

PPOTODA – Malang, bertempat di Hall Graha Keadilan (GK) Jl. Kembang Kertas IV Kav. 09, Sabtu 12 Maret 2022. Pemaparan materi hari pertama dalam rangkaian kegiatan Sekolah Riset Pengembangan yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Otonomi Daerah (PPOTODA) Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Kegiatan Sekolah Riset terdiri dari 3 (tiga) sesi yang fokus pada aspek Penelitian/Riset di bidang Hukum.

Di hari pertama, sesi terakhir Sekolah Riset Pengembangan diisi oleh Ibnu Sam Widodo, salah satu Dosen Fakultas Hukum Universitas Barwijaya yang fokus dalam bidang Otonomi Daerah dan Peraturan Perundang-Undangan.

Ibnu Sam Widodo memaparkan materi seputar pembentukan peraturan perundang-undangan khususnya dalam hal proses pembentukan dan penyusunan peraturan daerah. Dalam materi ini, hal yang menjadi dasar disampaikan bahwa suatu peraturan daerah menjadi hal yang esensial karena dapat diketahui apa yang menjadi kewenangan dari pemerintah daerah dalam mengurus daerahnya. Selain itu, substansi peraturan daerah juga harus diperhatikan mengenai urgensitas dari kebutuhan yang dihadapi oleh masing-masing daerah.

Sesi terakhir ini lebih ditekankan oleh pemateri mengenai pentingnya ketepatan melihat suatu peraturan daerah dari sisi materi muatan serta lembaga yang membentuk peraturan daerah tersebut berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Admin PPOTODA

Leave a Reply

Your email address will not be published.