AgendaBerita

Gelar Bimtek, Sekretariat DPRD Kabupaten Ponorogo Gandeng Ketua PPOTODA FH UB Sebagai Narasumber

Kota Surabaya – Jumat, 28 Oktober 2023, Sekretariat Dewan Pertimbangan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ponorogo menyelenggarakan bimbingan teknis terhadap Aparatur Sekretariat DPRD  Kabupaten Ponorogo di Hotel Royal Regantris Cendana. Bimbingan teknis ini diselenggarakan dalam rangka penguatan supporting system DPRD Bidang Kesekretariatan, Keuangan, dan Fasilitasi Rapat. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Aparatur Sekretariat DPRD Kabupaten Ponorogo yang menduduki bidang kesekretariatan, keuangan, dan fasilitasi rapat.

Acara yang dimulai pada pukul 20.30 ini diawali dengan sambutan dari Djuni Farhan selaku Wakil Rektor Universitas Gajayana Malang dan dibuka oleh Kris selaku Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Ponorogo. Acara langsung dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ria Casmi Arrsa selaku Ketua Pusat Pengembangan Otonomi Daerah (PPOTODA) Fakultas Hukum Universitas Brawijaya.

Arrsa membawakan materi dengan judul “Manajemen Administrasi Kesekretariatan DPRD Kabupaten Ponorogo”. Arrsa menyampaikan bahwa Sekretariat DPRD Kabupaten Ponorogo merupakan tipe A yang di mana memiliki beban kerja besar. Beban kerja yang besar ini harus disadari oleh Aparatur Sekretariat dengan cara memahami tugas, pokok dan fungsinya masing-masing.

Mengacu kepada Peraturan Bupati Ponorogo Nomor 59 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, struktur kerja sekretariat DPRD Kabupaten Ponorogo terdiri dari lima bagian, yaitu kelompok jabatan fungsional, bagian umum, bagian keuangan, bagian persidangan dan risalah, dan bagian hukum dan perundang-undangan. Selain memahami setiap tugas, pokok, dan fungsinya, Sekretariat DPRD memerlukan suatu visi misi untuk menunjang kinerja kesekretariatan.

Selain itu, Arrsa berpendapat bahwa terdapat kebutuhan penataan manajemen administrasi. Kebutuhan ini tertuju kepada enam hal berikut:

  1. Laporan Kinerja Tahunan Sekretariat DPRD Kabupaten Ponorogo;
  2. Tata Naskah Dinas di Lingkungan Sekretariat DPRD Kabupaten Ponorogo;
  3. Visi-misi Sekretariat DPRD Kabupaten Ponorogo;
  4. Profil Sekretariat DPRD Kabupaten Ponorogo;
  5. Rencana Strategis dan Rencana Kerja DPRD Kabupaten Ponorogo; dan

SOP/Proses Bisnis Pelayanan Sekretariat DPRD Kabupaten Ponorogo.

Back to top button