Sinergi Tata Kelola Csr: Dprd Kota Batu Gandeng Ppotoda Rumuskan Perda Csr

PPotoda.org, Yogyakarta – Bertempat di Novotel Hotel Narasumber PPOTODA Ladito Risang Bagaskoro di Daulat menjadi narasumber ahli dalam perumusan Naskah Akademik Raperda Kota Batu tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan/TJSLP.

Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perusahaan yang selanjutnya disebut dengan TJSLP adalah sebuah konsep kepedulian Perusahaan untuk berkontribusi terhadap masyarakat agar kehidupan sosial dan ekonominya meningkat dengan menjaga kondisi lingkungan dalam konteks pembangunan berkelanjutan.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan TJSLP antara lain: (1) kepedulian dan harapan baru dari masyarakat, konsumen, Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan penanam modal dalam konteks globalisasi serta perubahan perilaku unsur-unsur lingkungan Perusahaan (business environment); (2) kriteria sosial semakin meningkat, sehingga mempengaruhi keputusan investasi perorangan dan kelembagaan, baik sebagai konsumen maupun sebagai penanam modal; (3) menunjukkan kesadaran Perusahaan terhadap kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh aktivitas Perusahaannya; dan (4) transparansi aktivitas bisnis sebagai akibat dari keterbukan informasi publik serta kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Dalam melakukan usahanya, Perusahaan tidak hanya mempunyai kewajiban yang bersifat ekonomi, sosial, lingkungan dan hukum, namun juga memiliki kewajiban yang bersifat etis. Etika bisnis merupakan tuntunan perilaku bagi dunia usaha untuk bisa membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik, mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan oleh komunitas dunia usaha.

Kepedulian kepada masyarakat sekitar dan lingkungan, termasuk sumber daya alam, dapat diartikan sangat luas. Namun secara singkat dapat difahami sebagai peningkatan peran serta dan penempatan organisasi Perusahaan di dalam sebuah komunitas sosial melalui berbagai upaya kemaslahatan bersama bagi Perusahaan, komunitas dan lingkungan. Kesadaran tentang pentingnya TJSLP ini menjadi trend global seiring dengan semakin maraknya kepedulian mengutamakan pemangku kepentingan.

TJSLP merupakan perwujudan prinsip good corporate governance untuk mendukung pencapaian tujuan Sustainable Development Goals (SDG’s). Bagi Perusahaan, manfaat TJSLP adalah mempertahankan dan mendongkrak reputasi serta citra merek Perusahaan, mendapatakan lisensi untuk beroperasi secara sosial, mereduksi risiko bisnis Perusahaan, melebarkan akses sumberdaya bagi operasional usaha, membuka peluang pasar yang lebih luas, mereduksi biaya terkait dengan dampak lingkungan, memperbaiki hubungan dengan pemangku kepentingan (stake holder) dan regulator, meningkatkan semangat dan produktivitas karyawan dan peluang mendapatkan penghargaan.

Adapun bagi masyarakat, TJSLP bermanfaat untuk perlindungan dan kesejahteraan masyarakat dalam dimensi sosial, ekonomi, kenyamanan lingkungan hidup serta mengurangi kesenjangan. Sedangkan bagi Pemerintah Kota Batu, TJSLP bermanfaat untuk menumbuhkan komitmen bersama dan sinkronisasi program Pemerintah Kota Batu dengan pihak swasta agar dapat terlaksana secara harmonis, sinergis, sistematis dan berkesinambungan dalam rangka akselerasi pembangunan.

 

Admin PPotoda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *