Dalami Sistem Informasi Pemerintah Daerah/Sipd: Dprd Kabupaten Ponorogo Gandeng PPotoda Gelar Bimbingan Teknis

Dprd Kabupaten Ponorogo Gandeng Ppotoda Gelar Bimbingan Teknis

Dprd Kabupaten Ponorogo Gandeng Ppotoda Gelar Bimbingan Teknis

PPotoda.org, Yogyakarta – Bertempat di El-Royale Hotel DPRD Kabupaten Ponorogo gelar Bimtek bagi ASN di lingkungan Sekretariat DPRD Kabupaten Ponorogo. Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka pendalaman tuigas bagi ASN dalam menunjang kinerja anggota DPRD di bidang anggaran, pembentukan Perda, dan Pengawasan.

Selain dari pada itu SIPD dipandang menjadi kebijakan strategis untuk kemudahan penyampaian informasi pemerintahan daerah kepada masyarakat perlu diatur informasi pemerintahan daerah yang terhubung dalam satu Sistem Informasi Pemerintahan Daerah. Gagasan SIPD sebagaimana dimaksud untuk memenuhi kewajiban Pasal 391 dan Pasal 395 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, sehingga Pemerintah menetapkan pengelolaan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah.

Dalam pemaparannya narasumber PPOTODA Ibnu Sam Widodo mengungkapkan bahwa kegiatan bimtek ini baik secara teknis di harapkan mampu di kuasai cara mengoperasikan aplikasi yang sudah di sosialisasikan sebelumnya, dan dapat mencapai tujuan SIPD yang juga di paparkan pada rapat yang di laksanakan di Kabupaten Ponorogo di antaranya,

  1. Meningkatkan kualitas perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, melalui dukungan ketersediaan data dan informasi pembangunan daerah yang akurat, mutakhir dan dapat dipertanggungjawabkan,
  2. Mengoptimalkan pengumpulan, pengisian, dan evaluasi serta pemanfaatan data dan informasi pembangunan daerah dan,
  3. Membangun rumah legal database pembangunan untuk seluruh daerah, sebagai dasar input untuk perencanaan pembangunan baik pusat maupun daerah.

Sebagai perbandingan antara konsep SIPD lama dengan SIPD baru di jelaskan perbedaan mendasar yang dapat di pahami bersama untuk penigkatan data yang valid dalam mendukung data untuk perencanaan di daerah.

Untuk konsep SIPD lama lebih kepada proses pengumpulan datanta dan belum fokus pada perencanaan, lebih fokus pada keterisian data bukan pemanfaatan datanya, data yang masih belum terkelompok antara data dan informasi.

Sementara untuk konsep SIPD baru ini memmang lebih kepada pemanfaatan data untuk perencanaan, berbasis urusan, sebagai evaluasi pembangunan, dan pengembangan yang di lakukan menjadi 4 bagian ( e-Database, e-Planning, e-Budgeting, dan e-Monev).

 

Admin Ppotoda.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *