Versi Quick Count PPOTODA Pilkada Jatim 2013 1 Putaran

Malang, Versi Quick Count PPOTODA merilis bahwa Penyelenggaraan Pemilukada Jawa Timur hanya akan 1 (Satu) Putaran dengan Keunggulan Pasangan Nomor urut 1 Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa). Menurut Hasil Quick Count yang dilakukan oleh PPOTODA di 25 Kabupaten/Kota dengan estimasi tersebar di 250 (Dua ratus lima puluh) TPS mengungkapkan versi sebagai berikut Pasangan No 1 (Karsa) memperoleh suara 47%, Pasangan No 2 (Eggi-Sihat) 2% suara, Pasangan No 3 (Bangsa) 12% suara dan Pasangan No 4 (Berkah) 39% suara.

Berdasarkan laporan dan pemantauan dari tim PPOTODA dilapangan menunjukkan bahwa angka Golput pada Pilkada Jawa Timur Tahun 2013 terbilang tinggi dengan kisaran 45%. Secara umum penyelenggaraan pemungutan suara di 250 TPS yang dipantau oleh PP OTODA berjalan lancar dan aman.

Akan tetapi masih juga diketemukan beberapa kendala yang bersifat administratif semisal kekurangan surat suara, TPS khusus di Rumah Sakit masih kurang, minimnya sosialisasi penyelenggaraan Pilgub Jatim 2013 dan adanya tempat kerja yang tidak memberlakukan hari libur kepada para karyawannya seperti bank dan toko modern.

Tentunya bagi institusi yang tidak memberikan hari libur harus dikenakan sanksi mengingat Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 270-4819 tentang penetapan hari pemungutan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur sebagai hari yang diliburkan di Propinsi Jawa Timur, ternyata diabaikan oleh dunia perbankkan yang berada di Jawa Timur khususnya di Sidoarjo.

Padahal Surat Kemendagri yang dikuatkan dengan Surat Gubernur Jatim tertanggal 13 Agustus 2013 dengan Nomor 181.4/16677/011/2013, dengan jelas menyebutkan bahwa pada Kamis tanggal 29 Agustus 2013, ditetapkan sebagai hari libur. Dari informasi yang dihimpun dilapangan didapatkan dari beberapa karyawan bank di Sidoarjo maupun beberapa bank yang lain serta pertokoan modern pada Kamis (29/9/2013), mereka tetap masuk untuk melayani nasabah.

Tidak ada keputusan untuk libur bagi mereka dari manajemen bank, meskipun sudah jelas disebutkan hari pemungutan suara Pilkada Jatim ditetapkan sebagai hari libur. Kedepan tim Pemantau PPOTODA akan melakukan advokasi pemantaun pada penyelenggaraan Pemilihan Umum Legislatif dan Pilpres Pada Tahun 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *