Urgensi Legal Opinion dalam Pertimbangan Penyelesaian Kasus-Kasus dan Permasalahan Pemerintah Daerah

Urgensi Legal Opinion

Malang, 25 Februari 2016, bertempat di Hall PPOTODA Universitas Brawijaya, PPOTODA menyelenggarakan “Workshop Urgensi Legal Opinion dalam Pertimbangan Penyelesaian Kasus-Kasus dan Permasalahan Pemerintah Daerah” kegiatan ini dihadiri oleh instansi pemerintah daerah.

Acara tersebut bertujuan untuk memfasilitasi penyebaran informasi tentang urgensi Legal Opinion dalam pertimbangan penyelesaian kasus-kasus dan permasalahan pemerintah daerah selain itu, juga sebagai sarana diskusi para peserta dalam memahami dan mengetahui cara penulisan Legal Opinion baik secara teoritis dan praktiknya. Kegiatan ini diadakan 1 (satu) hari.

Adapun Materi yang disampaikan kepada para peserta yakni materi pertama disampaikan oleh pemateri Ngesti D.Prasetyo,SH.MHum yang memaparkan mengenai Urgensi Legal Opinion dalam Tata Kelola Pemerintah Daerah dan pemateri kedua disampaikan oleh Syahrul Sajidin,SH.MH. yang menjelaskan mengenai Prosedur Penulisan Legal Opinion. Dalam workshop ini titik pointnya bahwa dalam membuat legal opinion yang baik yang tentunya dibutuhkan suatu keterampilan sebagai tuntutan yang sebaiknya dikuasai secara persis oleh praktisi hukum, teoritisi, konsultan hukum, maupun bagi devisi biro hukum di lingkungan pemerintahan.

Bahwasanya penulisan pendapat hukum (legal opinion) menjadi salah satu kewjiban bagi setiap mereka yang memiliki keterampilan disiplin ilmu hukum, khususnya berkaitan dengan penguasaan materi hukum tertentu.

Selain itu, keberadaan legal opinion harus disusun secara komprehensif integral menyangkut seluruh komponen mekanisme entita hukum (legal entity) yang harus diolah dan disusun secara sistematis secara metodologi, dan terstruktur, secara konstruktif, melalui penelitian yang akurasi serta penemuan fakta-fakta hukum untuk di akomodir kedalam tulisan pendapat hukum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *