Seminar Nasional “Persaingan Usaha dan Kejahatan Korupsi”

Kejahatan Korupsi

Malang, Pusat Pengembangan Otonomi Daerah (PP OTODA) dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan menyelenggarakan acara Seminar Nasional dengan tema “Persaingan Usaha dan Kejahatan Korupsi” pada tanggal 11 Juli 2015 dengan target peserta maksimal 30 orang.

Seminar nasional yang akan dibuka pada pukul 14.00 WIB – waktu berbuka puasa, bertempat di Hotel Santika (R. Majapahit) ini akan menghadirkan empat pembicara, yaitu DR. Harry Azhar Azis (Ketua BPK RI), Prof. DR. Harkristuti Harkrisnowo (Anggota Panitia Seleksi KPK), M. Azis Syamsudin,SE., SH., MAF., MH (Ketua Komisi III DPR RI), DR. Sukarmi., SH., MH (Komisioner KPPU).

Dalam pemberantasan korupsi, pemerintah diyakini tidak bisa berjalan sendirian. Dibutuhkan sinergitas dan kerjasama dari pihak-pihak terkait, salah satunya dunia usaha. Dimana para pengusaha berada dalam posisinyang rentan terlibat dalam kejahatan korupsi.

Salah satu permasalahan yang terjadi di negeri ini, adalah seringnya kejahatan korupsi bersentuhan dengan dunia usaha sehingga mengakibatkan munculnya monopoli dan persaingan usaha tidak sehat yang bermuara pada pelanggaran hukum dan merugikan keuangan negara yang pada akhirnya mengakibatkan terganggunya perekonomian negara secara luas.

Mempertimbangkan uraian di atas, maka Seminar Nasional dengan tema “Persaingan Usaha dan Kejahatan Korupsi” ini diselenggarakan dengan tujuan untuk, pertama, mengkaji permasalahan dan tantangan terkait persaingan usaha dan kejahatan korupsi di Indonesia, kedua, mengkaji problematika peran dari para instansi dalam penanganan kasus-kasus persaingan usaha dan kejahatan korupsi di Indonesia, ketiga, mengkaji prospek penegakan hokum dalam persaingan usaha dan kejahatan korupsi yang akan datang. Seminar nasional ini free charge (tidak ada fee/kontribusi), bagi setiap instansi yang diundang, maksimal dapat mengirim tiga orang sebagai perwakilan.

Untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, para peserta di harapkan untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Konfirmasi dapat dilakukan mulai tanggal 24 Juni 2015 s/d 08 Juli 2015.

Untuk konfirmasi dapat menghubungi via sms dengan format “Nama + Instansi + No.HP” ke Solehuddin (082332517679) dan Rahma (085701198655).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *