Korupsi dan Antikorupsi: Teori, Strategi dan Tools

Korupsi

Jakarta, bertempat di Hotel Santika Premiere Koordinator Bidang Riset dan Kebijakan Publik PPOTODA Ria Casmi Arrsa menjadi salah satu delegasi dalam pelatihan Esensi Korupsi dan Antikorupsi Teori, Strategi dan Tools  yang diselenggarakan oleh Transparancy International Indonesia (TII) bekerjasama dengan KPK (ACLC), GIZ, dan BMZ Federal Ministry for Economi and Development Jerman.

Pelatihan difokuskan selama 4 (empat hari) penuh dengan metode interaktif dan dipandu langsung oleh Deputi Pendidikan, Deputi Pencegahan yang terdiri dari LHKPN, Gratifikasi, Pengaduan Masyarakat (Dumas), serta Deputi penindakan yang dilatih langsung oleh tim penyidik KPK RI.

Dalam rangka kerjasama di bidang antikorupsi, TII dan GIZ telah melakukan serangkaian program strategis terkait peningkatan mutu dan perumusan rekomendasi terhadap program prioritas Anti Corruption Learning Center (ACLC). Khususnya, dari perspektif peran strategis mitra TII – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Universitas dari Semarang, Jakarta, Malang, Surabaya, Salatiga dan Makasar – khususnya yang bergerak di bidang upaya peningkatan kualitas pelayanan publik, pengaduan masyarakat, investigasi, advokasi kebijakan dan pendidikan antikorupsi.

Salah satu upaya KPK dalam mewujudkan Indonesia antikorupsi adalah membangun Anti Corruption Learning Center (ACLC). ACLC dirancang sebagai pusat pembelajaran antikorupsi yang dilakukan oleh KPK kepada instansi Pemerintah, masyarakat sipil dan sektor bisnis. Dari perspektif publik, ACLC diharapkan dapat meningkatkan kapasitas, kompetensi publik agar mampu secara sistematis, terstruktur dan efektif turut serta memberantas korupsi dan membangun generasi antikorupsi. Artinya, fokus pembelajaran lebih dari bagaimana pembelajaran disampaikan dengan menyenangkan dan bersifat motivational, lebih dari itu mengedukasi, melatih publik dengan prinsip-prinsip pedagogi, andragogi didaktik.

Kurikulum silabus, konten yang empiris, sistematis yang dapat mengoptimalkan peningkatan kualitas pembelajar pada domain cognitive, psychomotoric, dan affective.

Adapun Materi – materi yang bisa di download,silahkan download di bawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *