Kajian PPOTODA Terhadap Belanja Hibah-Bansos

Belanja Hibah-Bansos

Malang, Pada Tahun 2014 tim Peneliti PPOTODA mengidentifikasi bahwa Jawa Timur berada pada peringkat Peringkat Ke 2 Nasional Belanja Hibah Setelah Jawa Barat. Sementara itu untuk belanja bansos Jawa Timur menduduki Peringkat Ke 4 Nasional setelah DKI, Papua, NAD.

Tim mengidentifikasi bahwa belanja hibah dan bansos di berbagai Kabupaten/Kota mengalami eskalasi peningkatan pada saat daerah menjelang Pilkada. Berdasarkan kajian yang dilakukan, oleh tim PPOTODA menemukan adanya relasi dana bansos dan hibah APBD terkait pelaksanaan pemilukada. PPOTODA juga menemukan kecenderungan dana hibah mengalami kenaikan menjelang pelaksanaan pemilukada yang terjadi pada kurun 2011-2013.

Selain itu, didapati juga fakta banyaknya tindak pidana korupsi yang diakibatkan penyalahgunaan kedua anggaran tersebut. Kenaikan dana hibah terhadap total belanja cukup fantastis. Oleh karena itu PPOTODA merekomendasikan bahwa Hibah dan Bansos harus mengacu pada ketentuan UU No 23 Tahun 2014 dengan berprinsip pada azas lex superior derogat lex inferior sehingga keuangan daerah dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efektif, efisien, ekonomis, transparan, dan bertanggung jawab dengan memperhatikan azas keadilan, kepatutan, dan manfaat untuk masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *