HIPPA Pacarkeling, Siap Berkontribusi Nyata Untuk Desa

Berkontribusi Nyata Untuk Desa

Pasuruan, 15 Juni 2015 bertempat di Kantor Desa Pacarkeling, PPOTODA berkerjasama dengan PT. Amerta Indah Otsuka menyelenggararakan “Evaluasi dan Penutupan Pelatihan Penguatan Kelembagaan HIPPA Desa Pacarkeling,”. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Pratiwi Juniarsih selaku Direktur PT.Amerta Indah Outsuka, Ngesti D.Prasetyo Direktur PP OTODA FH UB, Kepala desa, BPD, GAPOKTAN, Kelompok Tani dan juga turut serta perwakilan petani yang ada di desa Pacarkeling.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Pelatihan Penguatan Kelembagaan HIPPA Desa Pacarkeling. Pelatihan Penguatan Kelembagaan HIPPA dilaksanakan dalam beberapa tahap pelatihan. Pelatihan tahap pertama telah dilaksanakan di Rumah Pintar PT. Amerta Indah Otsuka dengan materi pertama yaitu Penguatan Kelembagaan Dalam Organisasi, Kepemimpinan Dalam Organisasi, Dan Sistem Pengendalian Internal dan materi kedua yaitu Urgensi AD ART dalam Organisasi Tentang Perkumpulan Petani Pemakai Air.

Pelatihan tahap kedua ini dilaksanakan di Hotel Surya Indah Kota Batu dengan materi Teknik Pertanian (Pertanian Hemat Air dan Teknik Adaptasi Iklim dan Konservasi Air), Pengelolaan Keuangan HIPPA, Pengelolaan Aset Irigasi dan Sistem Irigasi Pompa Air Tanah, dan study banding.

Dalam evaluasi dan penutupan pelatihan penguatan kelembagaan hippa desa pacarkeling tersebut peneliti memaparkan hasil pendampingan dari HIPPA desa pacarkeling yang meliputi perkembangan keorganisasian, pengelolaan keuangan, pengadministrasian serta teknik irigasi pertanian yang ada di desa pacarkeling setelah dilakukan rangkaian pelatihan penguatan kelembagaan HIPPA.

Dari hasil pendampingan yang dilakukan oleh tim peneliti PP OTODA berpandangan bahwa masih belum berjalannya sistem organisasi HIPPA di Desa Pacarkeling yang baik dikarenakan terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya seperti kurang pemahaman dari pengurus HIPPA Desa Pacarkeling dalam menjalankan manajemen keorganisasian dan keuangan di internal.

Sehingga dengan kondisi tersebut nantinya perlu adanya pendampingan dari pemeritah desa dan perusahaan guna meningkatkan kinerja dan organisasi HIPPAdi desa Pacarkeling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *