FGD Efisiensi & Efektivitas Kelembagaan

Malang, bertempat di Hotel Grand Palace diselenggarakan FGD dengan tema, “Efisiensi dan Efektifitas Kelembagaan (Penyusunan Instrumen Kelembagaan Pemerintah Pusat)”.

Dalam pertemuan tersebut Direktur Eksekutif PP OTODA Universitas Brawijaya Ngesti D. Prasetyo bertindak sebagai narasumber yang memaparkan aspek hukum perkembangan kelembagaan negara pasca amandemen UUD 1945 mulai dari aspek struktur, kewenangan, peran dan fungsi.

Lebih lanjut beliau mengutarakan bahwa perlu adanya sinergitas antara penataan birokrasi kelembagaan dengan aspek regulasi dan kultur masyarakat sehingga dampak aksesibilitas dan pelayanan publik memang benar-benar di rasakan oleh masyarakat.

Disamping itu sangat di butuhkan adanya masterplan penataan birokrasi di Indonesia agara terjadi harmonisasi kelembagaan baik di tingkat pusat maupun daerah.

Focus Group Discusion (FGD) yang diselenggarakan selama satu hari ini diselenggarakan untuk mendukung riset yang sedang di jalankan oleh Pusat Kajian Kinerja Kelembagaan Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Adapun hasi dari kajian ini akan disampaikan sebagai rekomendasi kebijakan kepada Wakil Presiden RI dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *