Diklat Bahasa Hukum Peraturan Perundang-Undangan

Diklat Bahasa Hukum

Pada hari Kamis dan Jum’at, tanggal 14-15 Maret 2013, Pusat Pengembangan Otonomi Daerah (PP OTODA) Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang mengadakan DIKLAT LEGISLATIVE DRAFTING ANGKATAN VI REGIONAL JAWA TIMUR yang dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Daerah Jawa Timur, khususnya dari Pemerintah Daerah Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Madiun, Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, Kab Pasuruan, dan beberapa perwakilan lain. Tema besar diklat legislative drafting tersebut adalah Bahasa Hukum Peraturan Perundang-Undangan.

Tema tersebut dipilih dikarenakan minimnya pengetahuan bersama akan penggunaan bahasa hukum baku yang dapat mengurangi kesalahan pemahaman terhadap produk-produk hukum yang dihasilkan melalui penyusunan program legislasi daerah (Prolegda). Diharapkan, penyusunan Prolegda yang menyangkut aspek perencanaan (planning), pembentukan hukum (law making process), pengadmintrasian (law adminstration), pemasyarakatan (law socialization) dan penegakan hukum peraturan perundang-undangan (law enforcement) dapat memberikan kontribusi nyata terhadap kesejahteraan masyarakat daerah.

Diklat yang bertempat di Munir Meeting Room PPOTODA FH-UB, pada hari pertama dengan materi pertama Penyusunan Program Legislasi Daerah (Prolegda) Menurut UU No 12 Tahun 2011 dan Permendagri No 53 Tahun 2011 oleh Dr. Jazim Hamidi, SH, MH dan materi kedua Bahasa Hukum Peraturan Perundang-Undangan dengan pemateri Dr. M. Sinal, SH, MH. Pada hari kedua, terdapat pula materi Metode Penelitian Naskah Akademik oleh Ngesti Dwi Prasetyo, SH, MH.

Ke depan, diharapkan diklat-diklat legislative drafting berikutnya dapat konsisten diadakan oleh PP OTODA dalam rangka penguatan otonomi daerah yang didukung penguatan legislasi di daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *