Delegasi Klinik Hukum PPOTODA Dalam Pelatihan Clinical Legal Education

Pelatihan Clinical Legal Education

Bandung, 16 – 19 September 2014 Direktur Klinik Hukum PPOTODA FH-UB Syahrul Sajidin menjadi salah satu delegasi dalam kegiatan, “Pelatihan Pendidikan Hukum Klinis (Clinical Legal Education)” yang terselenggara atas kerjasama Fakultas Hukum Universitas Pasundan Bandung, Asosiasi Pendidikan Hukum Klinis Indonesia (APHKI), The Indonesian Legal Resource Center (ILRC).

Kegiatan ini dilatar belakangi oleh kondisi kontekstual bahwa hukum hadir di tengah-tengah masyarakat dengan tujuan untuk menciptakan ketertiban dan keteraturan sehingga dapat dirasakan kemanfaatannya.

Esensi dari kehadiran hukum itu sendiri adalah untuk melindungi hak seseorang, namun terkadang kenyataan berkata lain. Kemanfaatan hukum hanya dirasakan oleh sebagian pihak saja, sementara pihak yang lainnya tidak mendapatkan akses yang sama.

Mereka adalah kaum marjinal yang tidak mendapatkan pengetahuan yang mencukupi untuk mempertahankan hak-hak nya.

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap fakultas hukum untuk membantu kalangan masyarakat marjinal dan tidak mampu sebagai implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

Clinical Legal Education (CLE) hadir untuk memberikan bantuan hukum melalui pendidikan hukum bagi masyarakat yang termarjinalkan agar mereka mendapatkan akses untuk keadilan dan memahami hak-hak mereka sebagai warga negara.

Bentuk bantuan hukum yang diberikan selain penyuluhan hukum melalui pengajaran interaktif juga dapat dilakukan dalam bentuk pendampingan.

Clinical Legal Educationsejak tahun 2007 dan telah melakukan kegiatan pendidikan hukum kepada beberapa kelompok masyarakat seperti masyarakat desa, anak yang berkonflik dengan hukum, anak sekolah, buruh migrant dan lainnya.

CLE FH-Unpas juga telah melakukan kerjasama dengan beberapa pihak seperti : Open Society Justice Initiative, Open Society Foundation,Tifa Foundation, Bridge Across Border South East Asia Clinical Legal Education (BABSEACLEA), Indonesia Legal Resource Center (ILRC), Sekolah Menengah Atas yang sudah tergabung sebagai partner, CLE FH-Unpas juga tergabung dalam Asosiasi Pendidikan Hukum Klinis Indonesia (APHKI), South East Asia Clinical Legal Education (SEACLE). CLE FH-Unpas telah menjadi pionir dalam pengembangan street law di Indonesia.(Disitir dari Kerangka Acuan Kegiatan ILRC dan APHKI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *