Banyak Daerah Belum Memiliki Perda Tata Ruang

Malang, bertempat di ruang pertemuan PP OTODA Gedung Munir Lantai II diselenggarakan Focus Group Discussion (FGD) membahas problematika penataan ruang di Indonesia. Dalam pertemuan tersebut Dr. Ibnu Sasongko memaparkan secara gamblang bahwa masih banyak problematika penataan ruang di Indonesia yang hanya menitik beratkan pada pembangunan di tingkat daratan.

Sementara aspek air (kelautan) dan udara masih jauh dari perhatian pemerintah. Lebih lanjut Ibnu sasongko memaparkan pula bahwa sering terjadi inkonsistensi pemetaan dalam kerangka penataan ruang sebagaimana di contohkan bahwa di dalam peta tergambar kawasan hijau seharusnya kondisi yang demikian secara riil akan menggambarkan tegakan pohon yang padat namun demikiaan kenyataannya tidak semacam itu justru kondisinya hanya menggambarkan semak belukar, Oleh karena itu diperlukan adanya cara pandang dan perspektif yang jelas dalam memahami peta.

Pembicara selanjutnya adala Turningtyas dari program plannologi Universitas Brawijaya memaparkan keterkaitan antara penataan ruang dengan aspek kebencanaan. Hasil dari FGD ini merupakan bahan untuk membekali Tim Peneliti PP OTODA dalam mengkonstruksi problematika penataan ruang baik dalam skala pusat dan daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *